Kontraktor Migas Hemat Puluhan Juta Dollar AS

0

 

Jakarta, EnergiKita-Kontraktor minyak dan gas bumi di sejumlah wilayah kerja Kepulauan Riau menghemat biaya operasi hingga 56,5 juta dollar AS. Sinergi kontrak jasa penerbangan jadi kunci efisiensi itu.

Medco E&P Natuna, Premier Oil Indonesia, dan Star Energy sudah lama beroperasi di Laut Natuna. Selama ini, tiga Kontraktor Kontra Kerja Sama (KKKS) itu punya kontrak terpisah untuk jasa penerbangan. Padahal, rutenya sama-sama dari Bandara Halim Perdana Kusuma di Jakarta menuju Bandara Matak di Anambas. “Kami berpikir bagaimana terobosan baru dibuat,” kata Kepala Divisi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas), Erwin Suryadi.

Kami berpikir bagaimana terobosan baru dibuat

Inisiatif kolaborasi dari SKK Migas itu salah satu cara efisieni tanpa harus mengurangi kualitas keselamatan dan operasional. Dengan inisiatif itu, tiga KKKS tersebut setuju mengikat kontrak pelayanan jasa penerbangan untuk periode lima tahun. Kontrak ditandatangani di sela Konvensi dan Pameran Indonesian Petroleum Association (IPA) ke-43 Tahun 2019 (IPA Convex 2019) pada awal September 2019.

Inisiatif-inisiatif efisiensi tanpa harus mengurangi standard kebutuhan keselamatan dan operasional diharapkan terus hadir di masa depan. Inisiatif-inisiatif itu akan membuat biaya operasi migas di Indonesia semakin efisien (OVI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here