Jonan : Pertamina Harus Aktiv Eksplorasi

0

Jakarta, EnergiKita-Pertamina diminta aktiv mengeksplorasi sumber-sumber minyak dan gas bumi baru. Hal itu akan membantu Pertamina dan negara.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengatakan, Pertamina harus serius mencari sumber migas baru. Hasil penemuan itu akan meningkatkan cadangan migas nasional bertambah. “Pertamina harus semangat eksplorasi,” ujarnya di sela Konvensi dan Pameran Indonesian Petroleum Association (IPA) ke-43 Tahun 2019 (IPA Convex 2019), Rabu (4/9/2019), di Jakarta.

Permintaan itu sesuai dengan tema IPA Convex 2019, yakni “Driving Exploration and Optimizing Existing Production for Long Term Energy Security. “Pertamina jangan hanya menunggu blok produksi yang sudah jatuh tempo, terus nanti melanjutkan (produksi),” ujarnya.

Langkah itu tidak salah. Akan tetapi, lebih baik bagi Pertamina untuk ikut eksplorasi sumber-sumber baru. Tanpa eksplorasi, penemuan lokasi cadangan migas tidak akan pernah terjadi. Perusahaan migas, termasuk Pertamina, harus membuat terobosan jika ingin mendapat manfaat dari penemuan cadangan migas. “Kala di hulu, anda mau terobosan besar, mau ekspansi besar, harus eksplorasi sendiri,” kata dia.

Kinerja eksplorasi Pertamina memang masih perlu terus digenjot. Dari target 333 pemboran sepanjang 2019, Pertamina baru membor 123 sumur sepanjang semester I 2019. Bahkan, dari 123 sumur itu, hanya lima yang berstatus eksplorasi. Sisanya adalah pemboran pengembangan alias memanfaatkan yang sudah ada.

Sepanjang 2019, Pertamina menargetkan pemboran 26 sumur eksplorasi. Dengan demikian, Pertamina masih harus menggenjot tambahan 21 pemboran di sisa semester II 2019. Sementara untuk sumur pengembangan, Pertamina menargetkan pemboran 307 sumur atau menyisakan 189 sumur di semester II 2019.

Meskipun demikian, Pertamina mencatat kinerja tertinggi dibanding KKKS lain di sektor migas. Tahun ini, seluruh KKKS baru membor total 10 sumur eksplorasi dan 158 sumur eksploitasi atau produksi. Dengan kata lain, 50 persen pemboran sumur eksplorasi dan 74 persen pemboran eksploitasi dilakukan oleh Pertamina.

Untuk mendukung kinerja itu, Pertamina menganggarkan belanja 2,6 miliar dollar AS di sektor hulu. Bahkan, ada peluang Pertamina menambah belanja di hulu sebanyak 400 juta dollar AS lagi atau menjadi total 3 miliar dollar AS. “Pemboran terutama di blok Mahakam,” kata Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu.

Pertamina kini tengah menggarap 98 proyek migas dengan investasi total 1,9 miliar dollar AS. Proyek itu digarap oleh anak-anak usaha Pertamina seperti Pertamina EP dengan 47 proyek dan Pertamina Hulu Energi dengan 29 proyek. Pertamina Hulu Indonesia juga kebagia 19 proyek dan Pertamina EP Cepu menggarap 2 proyek. (OVI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here