IPA : Investasi Hulu Migas Positif

0

Jakarta, Energikita-Iklim investasi di sektor hulu migas semakin menunjukkan sinyal positif dan berkembang. Insentif fiskal dan keterbukaan data minyak dan gas menggairahkan industri migas nasional.

Penjabat Presiden Indonesian Petroleum Association (IPA) Louise M. Mckenzie mengatakan, IPA mengapreasi pemerintah atas kebijakan-kebijakan itu. Bahkan, pemerintah juga baru saja memberikan persetujuan rencana pengembangan (PoD) blok Masela untuk Inpex. “Ini menandakan industri semakin maju,” ujarnya dalam pembukaan Konvensi dan Pameran IPA ke-43 Tahun 2019 (IPA Convex 2019) yang mengusung tema “Driving Exploration and Optimizing Existing Production for Long Term Energy Security”, Rabu (4/9/2019), di Jakarta.

Aneka kebijakan itu bukti perhatian pemerintah bagi pelaku usaha industri hulu migas. IPA berharap kolaborasi berkesinambungan antara perusahaan migas dan pemerintah terus berlanjut.

Mengenai tema IPA Convex 2019, Louise melanjutkan, hal itu tidak lepas dari perkembangan populasi Indonesia. Kebutuhan energi terus meningkat seiring pertambahan populasi. Diperlukan kebijakan untuk mendorong ketahanan energi nasional.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan setuju dengan tema itu. Karena itu, dibutuhkan eksplorasi dan efisiensi pada industri migas. “Saya sudah minta kepada SKK Migas agar bisa mengembangkan teknologi dan ciptakan efesiensi,” ujarnya.

Industri migas nasional dinyatakan tetap menarik. Hal itu antara lain ditunjukkan pada komitmen kerja pasti 2,5 miliar dollar AS untuk eksplorasi.

Untuk mendukung itu, pemerintah membuat sejumlah kebijakan, termasuk di sektor fiskal. “Kami mencoba membuat industri ini kompetitif sebisa mungkin,” ujarnya.

Insentif bagi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk kembali menggeliatkan iklim eksplorasi migas tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 122/PMK.03/2019. Ada dua bentuknya, yakni tidak ada pajak pertambahan nilai atau pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah (PPN/PPnBM) terkait operasional eksplorasi serta pengurangan PBB atas kegiatan usaha hulu migas di tahap eksplorasi dan eksploitasi. (OVI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here