Ini Deretan Dampak Buruk Polusi Udara Bagi Kesehatan Tubuh

0

[ad_1]

Polusi udara telah menjadi salah satu isu kritis yang melanda Indonesia. Yuk simak dampak buruk dari polusi udara berikut ini.

Dream – Sudah sejak beberapa waktu yang lalu, Indonesia kembali mengalami pencemaran udara. Kali ini, wilayah yang terkena pencemaran udara adalah ibu kota dari Indonesia sendiri yaitu Jakarta.Isu pencemaran udara sebenarnya telah lama menghantui negara kita ini, Indonesia.
Bagaimana tidak? Di Indonesia sendiri kasus pencemaran udara tergolong tinggi. Permasalahan inipun berawal dari berbagai macam penyebab.
Mulai dari kebakaran hutan hingga banyaknya idustri serta kendaraan yang berada di suatu kota. Tahukah kalian? Industri dan kendaraan merupakan salah satu penyebab paling banyak akan pencemaran udara.
Tidak hanya berlaku di Indonesia saja, tetapi fakta itu juga berlaku pada negara lain di seluruh dunia. Pasalnya, pencemaran udara atau polusi udara merupakan masalah utama dalam kesehatan lingkungan sedunia.
Mengapa demikian? Segala macam pencemaran terutama pencemaran udara dapat menimbulkan suatu dampak buruk bagi lingkungan serta kesehatan manusia.Bahkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengkaji isu lingkungan ini pada tahun 2013, yang menyimpulkan pencemaran udara sebagai salah satu penyebab kanker pada manusia.
Tidak hanya itu saja, terdapat berbagai macam penyakit yang bisa timbul karena adanya pencemaran udara ini. Untuk lebih jelasnya simak informasi lengkapnya berikut ini:

1 dari 4 halaman

Dampak Buruk Polusi Udara: Ozone (O3)

Dampak buruk polusi udara yang pertama adalah adanya senyawa ozone (O3) baik di udara maupun di permukaan tanah.
Tahukah kalian? Ozone yang berada di permukaan tanah merupakan polutan yang berbahaya.
Terbentuknya ozone di permukaan tanah berasal dari seaksi sinar matahari dengan polutan udara. Senyawa ini merupakan kandungan utama yang menimbulkan kabut asap.
Kandungan ayang terdapat di dalam ozon yang berada dipermukaan tanah meliputi nitrogen dioksida (NOx), volatile organic compounds (VOC), bahan kimia, serta limbah dari pabrik industri.Banyaknya kandungan ozon di dalam udara ataupun tanah bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, terutama menurunnya fungsi paru-paru.
Hal ini bakal mengakibatkan timbulnya permasalahan kesehatan seperti pernapasan, memicu munculnya asma, hingga dapat menyebabkan menderita penyakit paru-paru.
Di Eropa, ozone yang berada di permukaan tanah telah dianggap sebagai salah satu partikel yang paling berbahaya.
Dalam beberapa penelitian menyatakan, angka kematian setiap harinya meningkat setidaknya 0,3 persen serta untuk penyakit jantung meningkat sebesar 0,4 persen.

2 dari 4 halaman

Dampak Buruk Polusi Udara: Particulate Matter (PM)

Dampak buruk polusi udara selanjutnya adalah adanya particulate matter (PM) di udara. Particulate matter (PM) merupakan kumpulan partikel padat atau cair, yang mengandung sejumlah senyawa berbahaya bagi kesehatan tubuh.
Senyawa itu meliputi karbon hitam, sulfat, ammonia, nitrat, mineral, debu hingga natrium klorida.
Tahukah kalian? Adanya PM di udara ternyata dari waktu ke waktu sangat berkaitan erat dengan peningkatan angka kematian dan sejumlah kasus penyakit.Semakin kecil ukuran partikel dari PM, maka semakin mudah pula senyawa ini terhirup dan masuk ke dalam paru-paru makhluk hidup terutama manusia.
Dengan terhirupnya PM ini ke dalam jaringan paru-parru, maka nantinya senyawa ini akan diedarkan melalui aliran darah ke seluruh jaringan di dalam tubuh.
Paparan dari senyawa ini dapat mengakibatkan menigkatnya resiko terkena infeksi saluran pernafasan kronis.
Tidak hanya itu saja, senyawa ini juga mengakibatkan seseorang mengalami penyakit jantung, kanker paru-paru, penyakit paru obstruktif kronik hingga dapat menimbulkan kematian dini.

3 dari 4 halaman

Dampak Buruk Polusi Udara: Sulfur Dioksida (SO2)

Selanjutnya, terdapat senyawa sulfur dioksida (SO2) yang menjadi salah satu dampak buruk polusi udara.
Sulfur dioksida merupakan senyawa berbentuk gas yang tidak berwarna namun memiliki bau khas yang sangat tajam.
Biasanya, sulfur dioksida dihasilkan dari adanya pembakaran bahan bakar fosil seperti misalnya batu bara.
Tidak hanya itu saja, minyak bumi yang digunakan untuk pembangkit listrik, pemanasan domestik, serta kendaraan bermotor.Sulfur dioksida merupakan salah satu senyawa yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sulfur dioksida bisa mempengaruhi dan merusak beberapa sistem organ di dalam tubuh.
Kerusakan itu mulai pada sistem pernafasan, fungsi paru-paru hingga dapat menyebabkan iritasi pada mata.
Tidak hanya itu saja, jika seseorang terkena paparan senyawa ini dapat menyebabkan asma, batuk, bronchitis akut hingga dapat meningkatkan resiko terkena infeksi saluran pernafasan.  

4 dari 4 halaman

Dampak Buruk Polusi Udara: Nitrogen Dioksida (NO2)

Dampak buruk polusi udara berikutnya adalah adanya nitrogen dioksida (NO2) di udara. Nitrogen dioksida sendiri merupakan salah satu sumber utama dari aerosol nitrat yang dianggap sebagai gas beracun.
Tentu saja, nitrogen dioksida ini juga menjadi gas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh seseorang. Senyawa ini bisa menyebabkan timbulnya peradangan yang sangat mempengaruhi fungsi saluran pernafasan. Tahkah kalian? Nitrogen dioksida berasal dari proses pembakaran yang meliputi pembangkit listrik, mesin kendaraan, kapal laut serta pemanas.
Terdapat sebuah penelitian yang menyatakan, resiko meningkatnya gejala bronkitis pada anak yang terkena asma, jika mereka terpapar nitrogen dioksida dalam jangka waktu yang panjang.
Tidak hanya itu saja, paparannya bisa menyebabkan melemahnya fungsi paru-paru pada diri seseorang. (ism, Sumber: heloosehat)

[ad_2]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here